Evolusi Kostum Batman Sejak Tahun 40-an Hingga Sekarang

Evolusi Kostum Batman Sejak Tahun 40-an Hingga Sekarang

Sepanjang sejarah kemunculan live action Batman di Televisi maupun bioskop, kostum yang ia gunakan selalu menjadi perbincangan khusus, terutama di kalangan para penggemar.

Pasalnya, hampir di setiap kemunculannya di film baru, sang pahlawan kegelapan ini selalu muncul dengan kostum baru.

Perubahan Kostum Batman Dari Masa ke Masa

Evolusi Kostum Batman Sejak Tahun 40-an Hingga Sekarang

Karena itulah penggemar selalu dibuat penasaran mengenai apa lagi hal-hal baru yang ditanamkan dalam batsuit selanjutnya.

Sebagai pemanasan untuk menyambut film The Batman yang sebentar lagi akan muncul, yuk kita lihat kembali evolusi kostum dari superhero ini.

1.Tahun 1943-1949: Batman dan Batman and Robin

Tahun 1943-1949: Batman dan Batman and Robin

Batman pertama kali muncul secara llive action dalam serial 15 episode yang diputar di bioskop bertajun Batman.

Lewis Wilson merupakan actor pertama yang menggunakan kostum batman. Ia menggunakan pakaian ketat berwarna abu-abu dengan sebuah logo kelelawar berwarna hitam di dada.

Ia juga menggunakan sabuk silver berukuran besar di perutnya serta topeng dengan kuping yang runcing. Bagian jubahnya juga memiliki sayap berujung lancip seperti sayap kelelawar.

Serial ini memang tak memiliki biaya yang cukup besar untuk emnyokong produksinya. Bahkan, batmobile pun hanya menggunakan mobil Cadillac biasa.

Kostum Batman ini, kembali muncul dalam sekuel serial Batman and Robin yang dirilis pada tahun 1949.

2.Tahun 1966: Batman

Tahun 1966: Batman

Batman dan Robin kembali muncul di layar Televisi pada tahun 1966. Kali ini, actor Adam West yang didapuk untuk menggunakan batsuit.

Kostum ini juga banyak memiliki kemiripan dengan kostum tahun 1946, namun dengan beberapa revisi.

Yang pertama, topeng yang digunakan Batman terbuat dari material yang lebih solid, dengan guratan alis di atas lubang untuk mata. Symbol Batman dan sabuk dalam kostum ini berwarna kuning.

3.Tahun 1989-1992: Batman dan Batman Returns

Tahun 1989-1992: Batman dan Batman Returns

Ini merupakan tahun kelahiran Batman yang lebih kelam di dunia sinema. Dibidani Tim Burton, sutradara yang dikenal dengan ciri khas filmnya yang gelap dan nyelenah, film Batman hadir di tahun 1989.

Jika sebelumnya Batman masih menggunakan setelan berwarna abu-abu, kali ini Batsuit yang ada di sini hanyalah hitam polos.

Hanya ada lambang batman di dada dan sabuk kostum ini yang berwarna kuning, sehingga terlihat mencolok.

Pakaian yang digunakan juga tak lagi sekedar spandek namun ditambah dengan setelan berbahan keras yang memberikan kesan bahwa orang yang menggunakannya memiliki otot kekar.

Penonjolan otot perut dan dada ini makin terlihat pada Batman Returns, sekuel film yang rilis pada tahun 1992.

Satu hal yang perlu diingat, bagian topeng Batman menjadi satu dengan bagian dbadannya. Michael Keaton yang berperan sebagai Batman tak bisa menoleh secara normal saat mengenakan kostum ini.

Akhirnya, ia harus memutar seluruh badannya jika ingin melihat kea rah lain. Ini membuat gerak gerik Batman sejak film ini sangat khas, dramatis dan sedikit bernuansa komikal.

4.Tahun 1995 – 1997: Batman Forever dan Batman & Robin

Tahun 1995 - 1997: Batman Forever dan Batman & Robin

Kali ini actor Val Kilmer yang menggunakan Batsuit. Seragam yang digunakan ada dua, yaitu Panther suit yang berwarna hitam dengan logo Batman kuning di bagian dada.

Batsuit ini mengundang kontroversi karena tak sedikit penggemar Batman yang menganggap kostum ini norak.

Pasalnya, di bagian dada dan abdomen seragam didisain mirip dengan tubuh pria beroto, lengkap dengan putting.

Seragam yang kedua adalah Sonar suit berwana gelap dan cenderung metalik. Tak ada logo Batman berwarna kuning dalam kostum ini, sebagai gantinya siluet kelelawan membentang di bagian dada Sonar suit.

Itulah 4 revolusi kostum Batman sejak 1943 – 1997. Gimana? Keren gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>