Evolusi Perubahan Logo Batman Dari Masa ke Masa

Evolusi Perubahan Logo Batman Dari Masa ke Masa

Siapa sih yang tak kenal dengan Batman? Jagoan dari Gotham City yang dikenal dengan busana serba hitamnya ini memiliki nama yang diambil dari kelelawar.

Karena itulah, logo kelelawar juga selalu muncul di mobil, pakaian, dan hampir di setiap atributnya ada logo dari Batman.

Namun ternyata, logo ini sudah beberapa kali berubah-ubah seiring berkembangnya zaman loh. Bahkan, ada 15 desain gambar yang berbeda dari logo Batman. Penasaran? Yuk simak di bawah.

Evolusi Logo Batman

Evolusi Perubahan Logo Batman Dari Masa ke Masa

Batman merupakan salah satu karakter fiksi paling terkenal sepanjang masa. Ia telah munvul di layar lebar sejak tahun 1943. Evolusinya dari masa ke masa juga terjadi, mulai dari plot, actor, baju, hingga logonya.

1.Tahun 1939 – 1960

Tahun 1939 – 1960

Di tahun 1939, logo dari Batman yang bertama kali dibuat hanyalah berupa kelelawar tanpa bagian telinga serta kepala dari kelelawar.

Hanya berupa sayap kelelawar dengan 5 sudut. Logo ini muncul pertama kali di episode ke-27 dari Detective Comics.

Perubahan lalu dilakukan dengan melengkapi logo dengan bagian kepala dan telinga sehingga semakin jelas bahwa logonya berupa gambaran kelelawar.

Sudut di bagian sayap juga diberikan tambahan sehingga sayapnya memiliki 7 sudut. Lalu, saat menyambut episode pertama komik solo Batman yang dirilis oleh DC Comics di tahun 1940, logo Batman kembali mengalami evolusi.

Perubahan logo terlihat pada ukuran sayap kelelawar yang menjadi besar dan dilengkapi dengan detio berupa rangka sayap. Bagian kepala dan telinganya juga terlihat semakin jelas.

Di kurun waktu tahun 1940 sampai tahun 1960, perubahan logo hanya terpusat pada ukuran kelalwar serta besarnya.

Walaupun tak terlalu mencolok, namun kelihatannya sang pencipta logo sedang berupaya mencari bentuk logo yang paling dinamis.

Namun secara umum nyaris taka da yang menyadari perubahan ini jika tidak mencoba membandingkan setiap logo secara langsung.

2.Tahun 1964 – 1966

Tahun 1964 – 1966

Evolusi logo kembali terjadi di tahun 1946 dan 1966 dimana ada penambahan bidang oval di luar siluet kelelawar dengan warna dasar kuning.

Entah terinspirasi dengan logo Superman atau memang sedang mencari kontras warna yang mampu melambangkan keberanian.

Pada tahun 1964, logo tampak kurang proporsional dimana ukuran siluet kelelawar dan oval terlihat tidak seimbang.

Sehingga terlihat jelas bahwa logo tampak dipaksakan dan malah jadi kurang enak dilihat. Untungnya, perancang logo menyadarinya dan kembali merevisi logo Batman sehingga tampak proporsional.

Bentuk oval yang mengelilingi siluet kelelawar dibuat dengan ukuran yang seimbang dengan siluet kelelawar. Logo dengan warna dasar kuning ini semakin dipopulerkan melalui game Lego Batman.

3.Tahun 1986 – 2000

Tahun 1986 – 2000

Kesan muram dan penyendiri sepertinya kurang terasa saat llogo Batman sempat diceriakan dengan warna kuning.

Sehingga logo Batman juga kembali lagi ke asalnya. Dengan warna hitam polos tanpa tambahan warna lainnya.

Perlu diketahui, perubahan logo ini belum tentu diketahui oleh komunitas pecinta komik DC Indonesia.

Karena, evolusi logo Batman hanya bisa diikuti oleh mereka yang memang memburu komik-komik DC terbitan luar negeri.

Jika kamu merupakan pecinta Batman sejati, ada baiknya kamu mulai hunting ornament dengan berbagai logo Batman yang berbeda.

Itulah bagaimana evolusi dan perubahan dari logo batman dari masa ke masa. Tentunya sejak dulu logo ini selalu berkembang dan selalu menjadi lebih baik dari sebelumnya ya! kalian suka yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>